Breaking News

Friday 11 December 2015

NASKAH DRAMA BAHASA ARAB

JUDUL
(موضوع)

“GOOD RONA, BAD MONA”

Tema               : Pentingnya menjaga tali persaudaraan(حفظ الأخوة)
Setting                        : MTs Nurul Islam(المكان المدرسة الثانوية نور الإسلَام)
Tokoh dan Karakter(الشخصية و الطبييعة)
• Rona :Baik hati(طيب القلب)
• Mona :Licik(خبيث)
• Orang Tua Rona dan Mona
- Mama :Penyayang
- Papa :Bijaksana
• Bu Gia : Adil
• Polisi
• Teman Rona: Baik hati
- Tala
- Fasya
- Ahmad
• Teman Mona:Licik
- Syila
- Mei
- Jefri

Naskah Drama

Bu Gia : Assalaamu’alaikum wr wb.                                   (السلام عليكم و رحمة الله و بركَاته)
Murid-murid : Wa’alaikum salam wr wb                          (و عليكم السلام و رحمة الله وبركَاته)
bu gia: Selamat pagi anak-anak                                                      (صباح الخير يا تلاميذ)
Murid-murid :Selamat pagi juga                                                               (صباح النور)
Bu Gia : Bagaimana kabarnya ?                                                                 (كَيْفَ حاَلُكُم؟)
Murid-murid : Alhamdulillah baik bu.                                                       ( بِخَيْر الحمد لِلّٰه)
Bu Gia : Hari ini Ibu akan membagi kalian menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang dan harus mengerjakan tugas yang sudah Ibu tentukan.
اُسْتَاذَةٌ: هٰذَا اْليَوم سَأُقَسِّمُكُمْ إِلَى بَعْضِ اْلفِرْقَةِ. كُلُّ اْلفِرْقَة تَتَكَوَّنُ مِنْ اَرْبَعَةِ اَشْخَاصٍ وَ لَا بُدَّ اَنْ يَفْعَلَ التَّدْرِيْبَات اللّاتِي قَدْ قَرَرْنِيْ اِلَيْكُمْ
Setelah mengumumkan pembagian kelompok, Rona menjadi ketua dalam Grup 1 bersama Tala, Fasya dan Kinan. Sedangkan Mona tergabung dalam Grup 2 bersama Syila, Mei dan Jefri yang telah menjadi sahabatnya sejak awal masuk sekolah.
 وَ بَعْدَ اعلن اْلفِرْقَة كاَنَتْ رَوْناَ رَئِيْسَةٌ فِي اْلفِرْفَةِ اْلُاوْلَى مَعَ تَلَا، فَشَ، وَ اَحْمَدْ. وَ مَوْنَا فِي اْلفِرْفَةِ الثّاَنِيَةِ مَعَ سَيْلَا، مَيْ، وَ جَفْرِيْ الذي قد صارت صاحبها من اول تدخل المدرسة
Bu Gia :Oke, untuk masing-masing kelompok memiliki tugas yang sama, yaitu mengerjakan sebuah puisi dengan tema bebas meggunakan bahasa arab. Apa ada pertanyaan?
اُسْتَاذَةٌ: ماشي، لكل الفرقة لَهَا التَّدْرِيْبَات. يعني صنع الشعر باللغة العربية بالموضوع حرّ. هل عندكم سؤال؟
Rona :Bu, batas akhir pengumpulan tugasnya kapan ya?
رَوْناَ: عفوا يا أستاذة ، متى أخر الوقت جمع الموظفات ؟
Bu Gia :Hari ini di akhir pelajaran nanti.
 اُسْتَاذَةٌ: هٰذَا اْليَومُ، في أخرا الساعة الدراسية ؟
Mona :Dapet hadiah ga Bu? Hahaha males banget bikin lukisan ga ada keuntungannya.
مَوْنَا: هل كان اَجْرٌ ام لا يا اُسْتَاذَةٌ؟ ه ه ه... كسلا جدّا! سَاَفْعَل شعرا و لكن لا ربيحة
Tala :Mon, kamu gak sopan banget sama Bu Gia, ayo minta maaf.
تَلَا: مَوْنَا، انت غير مؤدبة جدّا مع اُسْتَاذَةٌ، هيا تطلبين العفو!
Syila :Eh jangan ikut campur deh, Tal!
سَيْلَا: ايه، لا تتدخلين   امرا ،تَلَا
Bu Gia :Sudah, sudah. jangan diributkan. Oh ya Ibu lupa belum menjelaskan bahwa kelompok dengan puisi terbaik akan mendapat trophy dan hadiah menarik yang masih dirahasiakan. Ketua grup juga akan mendapat reward special.
اُسْتَاذَةٌ: خلاص، خلاص، كفاية. لا ضجة . عفوا نسيت لم تز من الفرقة شعر الاحسن سوف تحصل الكأسُ و الهدية الجذابة كذالك. رَئِيْسَة الفرقة . سوف تحصل هدية ايضا
Mona :Asik, gitu dong Bu. Grup 2 pasti menang! Iya kan guys?
مونا: احسنت يا استاذة. فرقة الثانية لا بدّ فائزة صحيح يا اصحابي؟
Mei :Ya iyalah Mon, kita kan seleranya tinggi, ga kayak grup yang lain. Hahaha.
مي: نعم مونا، نحن عالية الذوق ليس كالفرقة الاخرى. ه ه ه.
Bu Gia :Sudah, tunjukkan saja kemampuan kalian maisng-masing dan jangan lupa kerjasama harus kompak ya.
 استاذة: خلاص، عرصف قدرتكم و لا تنس تعاون الفرقة مع الإتفاق.
Semua :Iya Buuu…                                                              
تلاميذ: نعم يا استاذة.
Kemudian, Rona dan teman-temannya membahas konsep puisi arab seperti apa yang akan dibuat, begitu pula dengan Mona dan kawan-kawan.
و بعد ذالك رونا و اصحابها ناقشوا عن موضوع الشعر الّذي سيضع ، و كذالك  بمونا و اصحابها.
Rona: menurut kalian, seandainya tema puisi kita tentang keluarga bahagia gimana?
رونا:  ما رأيكم؟ إذا كان موضوع الشعر هونحن الاسرة السعيدة 
Fasha: aku setuju ron, karena puisi ini bagus sekali.                       
فشا: اناموافق معك ، لأنه احسن جدّا
ahmad: ya benar, tema tentang keluarga kan jarang banget digambarkan ke dalam sebuah puisi.
احمد: نعم، الموضوع عن الاسرة السعيدة ما زالت نادرة في شكل الشعر و لكن هناك يتم التخلص منها في الشعر
Rona: oke. Kita harus buat semaksimal mungkin ya. Kemenangan bukan hal utama, tapi yang penting kita harus tampilkan yang terbaik. Oke??
رونا: ماشى، نفعل بقدرنا. النجاح ليس الاهمّ الاوّل. و لكن نحن لابدّ عرض الاحسن. ماشى!..
Grup 1: Oke..!!!
 فرقة ١ : ماشى
Sengaja mendengar pembicaran grup 1, ide licikpun tercipta dibenak mona.
عندما عمدا تسمع مونا عن مباحثة فرقة الأولى، انشأ أفكار ماكرة عقول منها مونا
Mona: Temen-temen. Rona punya ide bikin puisi tentang keluarga bahagia gitu, gimana kalau kita bikin yang mirip2 kaya mereka? (sambil berbisik)
مونا: أصدقائي، كان رونا لها فكرة لجعل الشعر عن الاسرة المتشبهة لهم كيف لو نضع لهم نفس الأغنياء! (يهمس
jefri: yakin lo  mon??. nanti kalu bikinan kita lebih jelek gimana?
 جفري: انتِ متؤكدة كيف إذا كان حاصله اقبح منهم ؟
Sila: duh,please deh ola. masa lo gak ngerti maksud mona si? Biarin aja puisinay beda dikit yang penting tema dn konsepnya sama. Jadi kalaum ereka yang menang kita bias klaim kalau grup mereka curi ide kita.
دوه جفري انت لا تفهم ما يقصد مونا؟ اترك الشعر مختلف قليلا، المهم الموضوع والفكر له نفس. إذا لوكان الفائز في هذه المسابقة،يمكن لنا ان ندعى بانهم قد سرقي افكرنا.
Mona: nah itu dia maksud gue.                                           
مونا: اوْه...ذاك مااريد ان اقول لك.
Ola: oh..gitu yaa.iih, sila pinter banget deh                          
اوْه، ايه سيلا ذكيّة جدّا انتِ
Sila: iya lah.. gue gitu lhoo..                                                             
سيلا: ايوه..وهكذا احسن.
Mei: oke, gue setuju banget. Dan gue jamin pasti kita menang!!
. مي: ماشى ,انا موافق تماما.وأؤاكد لكم باأننا سنفوز في هذه المسابقه
Mona: yups, semangat girl!!. Hahaha                                   
مونا: ماشى، مع النجاح يا أصدقائي.
Hari itupun berlalu, semuanya menanti hasil penjurian bu gia
وبعد مرور ذالك اليوم،كل في انتظار التحكيم من الاستاذة
Bu gia: oke anak2. Setelah ibu lihat semua karya kalian sanagt bagus dan menarik. Tapi, hanya ada satu grup yang menjadi pemenangnya, yaitu… Grup1, selamat rona,tala, fasa, dan kinan, kalian menjadi pemenangnya.
استاذة: طيب اولاد، طيب اولاد.بعد ان نظرت عملكم جميعا كلهم جيدا،لكن الفائز واحد.وهو فرقة رونا واصحابه
Mona: nggak bisa gitu bu, coba ibu perhatikan puisi mereka mirip dengan puisi grup saya. Pasti ada kecurangan bu!!
 مونا: لا يمكن ،ليس كذالك يا استاذة،انا متاكد لوكان محتال
Bu gia: apa benar itu rona?.                                                 
استاذة: هل هذا صحيح رونا؟
Rona: tidaak, bu. Kami tidak melakukan kecurangan sedikitpun.
رونا: لا، والله لا نعمل الاحتيال
Saking geramnya dengan sikap mona,  akhirnya tala, fasa, dan kinan terpancing emosi sehingga terjadi perdebatan dan perselisihan antara kedua grup tersebut.
Bu gia: sudah cukuup.! Ibu akan memanggil orang tua kalian besok atas kejadian kegaduhan dan kekacauan ini.                                           
كفاية، غدا سأدعو والديكم جميعا على هذه الحديثة استاذة
Rona: tapi bu                                                                                                
رونا: لكن يا استاذة
Bu gia: tidak ada pengecualian.!!                                                    
استاذة جيا: ما في إثتثناء
Keesokan harinya, keduaorang tua rona dan mona datang ke sekolahan dengan panic dan kecewa. Disamping itu Tala,  Fasya, Ahmad, Sila, Jefri, dan mei terkejut karena mengetahui bahwa rona dan  mona memiliki orang tua yang sama.
وفي الصباح الغد،جاء والدي رونا و مونا إلى المدرسة بالهلع والخيبة.وبجانب ذالك انفزع تال، فاش، ahmad، سيلا، و jefri  بمعدان عرفو بأن والد رونا ومونا على سواء
Papa: rona..papa kecewa sama  kamu.  Kenapa kamu sampai berbuat licik seperti ini?.
أبى: رونا، ابي خيبة الاهل عليك، لماذا تعملين ذالك الاختيال.؟
Rona:  aku berani bersumpah pa, aku nggak berbuat seperti itu. (sambil menangis)
 رونا: وعدت أبى، لن أعمل كذالك
Mama: sudah pa, mungkin hanya salah paham saja antara rona dan mona.
أمّ: خلاص يا ابي،يمكن قدحدث الخطاء الفهم بينهما
Tak tega melihat rona dimarahi sang ayah, Jefri akhirnya berinisiatif membeberkan kejadian sebenarnya pada bu gia dihadapan semua orang bahwa kelompoknya yang telah mencuri ide rona.
اخيرا،هدان تمتاسد لجفري عن غضب والد رونا اليها.صرح جفري عن الحديثة الحقيقة الى الاستاذة وغيرها بان فرقتهل اليها
Mona: jefri, lo mau jebak gue ya?
جفري ، هل انت فخني؟
Jefri: maaf mon, aku nggak tega lihat rona disalahkan atas perilaku kita.
أولا: عفوا مونا، لا أستطيع ان النظر رونا تخطئ على عملنا
Papa: mona, kamu sadar bahwa perbuatanmu ini salah?
أبى: مونا،  هل تعرفين لوكان عملك خطأ
Mona: maaf  pa. aku cuma pengen papa dan mama bangga sama aku. Sama seperti rona, aku nggak suka dibanding2kan dengan rona. Rona memang segalanyauntuk  papa dan mama.
مونا: عفوا يا ابي،اريد ان تفر حكما كمافر حتل الى رونا...ان تقارض بيني ورونا عرفت ان رونا هي كلها اليكم
Mama: mona, kamu dan rona sama saja di mata mama dan papa, sayang.
أمّ: مونا، انك و رونا سواء عندنا.
Rona: iya mon,  kita saudara. Sama sekali nggak ada niatanaku buat bikin mama dan papa lupain kamu. Kita semua sayang sama kamu,mon.
رونا: نعم مونا،  نحن الأخوة, يوجدنية في قلبي لتبعدك نحن اب وام
Bu gia: oke, semuanya kan sudah jelas,sebaiknya kita saling bermaafan dan  menjadikan hal ini sebagai pelajaran untuk  kita semua karena persaudaraan sangat berarti diatas segalanya.
استاذة جيا: طيب, قد صرح الاخر...   ولذالك ينبغي علينا ان تتغافرا، لان الاخوة اهم لنا.
Dengan penuh haru, akhirnya mona meminta maaf atas perilakunya kepada rona. Begitu pula dengan teman-teman yang lain. Namun ternyata, ada maksud lain dibalik  tangis haru mona.
بالفراحة ترجوامونا العفو على حملها السيئة إلى رونا و اصدقائها ولكن لها مقاصدةموعينة في بكائها
Mona: “awas kau rona..  kita buktikan siapa yang paling hebat mengambil hati papa dan mama”(katanya dalam hati)sembari menangis dipelukan rona.
مونا: انتيه انت يا رونا، من اقوي منا لنيل الرحمة من الولدينا
Malam harinya di rumah rona dan mona..             
الليل في البيت رونا و مونا
Papa : “ mah.. sampai kapan ya rona dan mona akan terus begini?
ابى: يا أمّ، حتّى حصل هاكذا؟
Mama: “maksud papa?                                                                   
أمّ: ماذ اتصنى يا ابي ؟
Papa :”sepertinya mereka tak pernah akur, terlebih di sekolah. Sampai2 semua orang tidak tahu kalu mereka adalah saudara. (duduk berdampingan dengan mama disertai dengan tatapan wajah lemas)
ابى: انظر لونها ليست قريبة، حتّى في المدرسة. حتّى كل الناس لا يعرفوا انهما أختان. (جلس مع ام
Mama: mama juga tidaktahu, pdahal mama rasa selama ini kita tak pernah membeda2kan keduanya.                                                    
أمّ: لا اعرف..اشعر لا نفارق بينهما
Malam kian larut.. suasanapun terasa semakin dingin.      
الليل يسير الى مكانه
Samar2 terdengar suara dari bilik kamar rona, persis disampingnya adalah kamar mona. 
خفاء يسمع الصوت من غرفة النوم رونا، وغرفتها كانت في جنب
Mona: aku harus melakukannya sekarang, mumpung papa mama sudh tidur. (berjalan mengendap2 menuju kamar rona)
مونا: سأعمل الأن. مادام ابى و أمّ في حلة النوم
Mona: rona.. na. Ini mona, sudah kah kau tidur?aku membawakan susu hangat bwt kamu.
مونا: رونا.. انا مونا. هل نمت ؟ احمل اللبن لكِ
Rona: ya, aku masih belajar mon. Masuk aja. (rona pun masuk)
رونا: لما ما زالت اتعلم.أدخلى
Mona: nih, susunya. Langsung minum aja mumpung masih anget. Enak lho. Aku juga tadi habis 1 gelas besar susu
مونا: خذي، أشربي!. مازالت الحار، لذيذة. طبعا قضيت كوبا من اللبن انفا
(ternyata, mona memasukkan racun ke dalam minuman susu rona).
بالصراحة قد ادخل مونا إلى المشروبات اللبن لرونا
Rona: wah.. baik bgt si kamu mon. Mksih y, aku minum nih
 رونا: وه، شكرا مونا. سأشرب انت طيّب جدّا إلىّ
Mona: ok, silahkan. Dengan senang hati. Oiya, udah malam nih, aku mau ke kamar dulu y. Ngantuk banget.
مونا: ماشى، تفضلي إشربي!.بكل السرور ، سأدخل إلى الغرفة نعست جدّا
Rona: silahkan..                                                                                            
رونا:تفضّل
Dan keesokan harinya sewaktu mama menuju kamar rona.
في الصباح،عند ما تدخل الام إلى غرفة النوم رونا
Mama: sayang, keluar mona. Papa. Mama, dan mona sudah menunggu di meja makan. Yuk makan bareng. (tak ada jawaban dari dalam).
ام:أخرجي رونا!. ننتظر في غرفة الاكل. هيا تأكل معا
Mama: rona.. km sudah bangun belum nak?(sembari mengetuk2 pintu kamar rona). 
ام:رونا، استقيظت؟
Berkali2 mama memanggil rona, tak ada jawaban apapun dari dalam kamar. Lalu mama penasaran, ada apa dengan rona? Kenapa sudah siang begini belum juga keluar kamar.
(mama masuk kamar)
تعددت  الدعوة الام ولكن إلى رونا و لا إجابة من الغرفة و  خيرالام،ماذا حدث الرونا ماذا تحدث رونا؟. لماذا لم تخرجين ومن ثم قدجاءوقت الغداء .(دخلت ام إلى الغرفة)
Mama: (menggerak-gerakkan tubuh rona). “rona..rona sayang,bangun nak. Kamu kenapa?(rona ditemukan mama dalam keadaan tergeletak di lantai kamarnya, disertai busa yang keluar dari mulutnya). Mama menggerak-gerakkan tubuh rona berkali2 sembari menangis tersedu2.
ام: (تحرك الام  بدن رونا) رونا..  رونا.. استيقظي  ماحدث لك.؟(تجد رونا في البلاط الغرفة، بالفم بُسا) تحرك الام بدن رونا مرارا و تكرارا مع البكاء.
Mama: papa.. mona.. (papa dan mona segera menuju kamar rona)     
ام: ابي، مونا           
Papa:astaghfirullah. Mama.. rona kenapa?(sembari mendekati mama)
ماذا حدث لرونا ام استغفرالله.
Mama: rona. mama tadi lihat dari mulutnya keluar busa.
رونا: انظر رغوة السماة من فمها
Rona segera dilarikan ke RS setempat. Papa menghubungi Pihak kepolisian untuk mengungkap kejadian itu.
اخيرا تحمل ، فورا ، اماابوها، هويدعوالشرطة لاطلاع هذه الحادثة
Polisi: bapak, untuk hasil sementara anak bapak diduga mengalami keracunan. Kami menemukan segelas air susu yang masih separuh di meja belajarnya.
الشرطة بنتك تسم. تجد كوبا من اللبن. في المكتب
Papa: oh. Iya pak. terima kasih.                                                     
ابي: شكرا يا شرطي
Polisi: Ok. kami pamit dahulu. Permisi.     
ماشى،  إسمح لي للرجوع الى المكتب وداع اولا
Sementara itu, mama ikut mengantar rona dan papa menyusulnya. Sedangkan mona diminta ayah untuk tetap menunggu di rumah.
وفي نفس الوقت ، جاء ولد رونا. امامونا. قد طلب ابوها اليها للانتظا فى البيت
Tiga hari telah berlalu, masih saja mona belum menampakkan dirinya  untuk mengunjungi rona yang tengah di RS
ومازلت مونا لن تعرض نفسهالزيارةرونافى المستشفى
Kriing.. kriing, dering telpon berbunyi           
كريع، كريع ..... والأصوات الهاتف رنين
Mona: hallo, assalamu’alaikum. Ada apa ya bu gia?.he
.هالو.. السلام عليكم.. ماذا يا أستاذة ؟
Bu gia: waalaikumsalam. Begini mon,hari ini teman2 perwakilan dari sekolah dan ibu akan menjenguk rona masuknya di ruang pa?        
 وعليكم السلام. كهذا يا مون.. فى ، هذا اليوم بعض المدرس والطلاب ،كل سيزورون رونا. اين غرفتها ؟
Mona: maaf bu, saya sendiri belum menjenguknya jadi belum tahu.
 عفوا يا أستاذة، انا لم ازورها . ولذلك لم اعرف غرفتها
Bu gia: ya sudah.. nanti sore saja bagaimana kalau kita pergi bersama?
ماشى اوه كذالك.. اذاكان كيف لو نزورها معا فى المساء ؟ Mona: oh.. ya bu. Ingsya Allah.                                           
اوه نعم يا استاذة. ان شاء الله
Di rumah sepi. Mona bingung mau apa. Tiba2 saja ia berfikir untuk masuk ke kamar rona.
في البيت المهجور. مونا متخيرة حول ما. فجأة انها يفكر أن تدخل في غرفة رونا
Krengkeet.. terlihat suasana kamarnya berantakan karena selama3 hari ini mona belum sempat bersih2.
 كرعكيت... ينظر فوضية لان فى صدة لمدة ثلاثة أيام مونا لم يكن لها الوقت لتنظيف الغرفه
Di atas Lemari, mona menemukan sebuah buku kecil berwarna merah muda. Penasaran apa gerangan isi buku tersebut, mona  mulai membukanya selembar demi lembar buku.
 Alal maktab ، وجدt مونا على كتاب بعلاف الاحمر وردي قليلا ، يتساءل مونا. الغريب ما كان محتوى الكتاب، وبدأت منى لفتح ورقة بعد ورقة من الكتاب.
15 oktober 2013
Ya Allah, alhamdulillah hari ini lukisanku mendapatkan juara. Meski hanya dengan satu mata tak apalah. Yang pasti aku sangat bersyukur masih diberi kehidupanoleh Allah. Dan aku lebih senang lagi, aku masih bisa melihat mona tersenyum meski sering kali ia menunjukkan rasa tidak suka padaku. Biarlah papa. Mama dan aku yang cukup tahu bahwa mata kiri mona sebenarnya adalah mata kiriku. Aku tak menyesal memberikan satu mataku untuk saudaraku sendiri. Hanya itu yang akubisa persembahkan untuknya.
اشكرك يا الله،هذا اليوم نلت فائزة عن شعرري. ولو بعين واحدا. قد شكرت إلى الله الذي يعطيني الحياة.و فرحت لأنني قد نظرت تبسمه مونا ولو ترغب عنّي. اترك ابي، قف كفّيت و امّي الذي نعرف عن عينها. انّ عينها يسرى هي عيني يسرى. ولاندمت لأعطى عيني إلى أختي و أعطى إليها كذالك فقط.
Mona: Astaghfirullah. Aku jahat sekali Tega meracuni saudara kandungku sendiri.
مونا: أستغفر الله، أنا شديد ظلم
Mona segera menelpon papa untuk menjemputnya                                 
دعت مونا إلى ابيها ليقبلها
Mona: rona.. aku sangat menyesal telah berbuat jahat padamu. Maafkan  semua lesalahnku.. (menangis sesenggukan)
مونا: رونا، أرجو عفوا إليك عن الخطئ، ندمت قد عملت سوءا إليك.(تبكي
Rona: (tersenyum). Gpp mon.  Aku gak marah ko
رونا: (تبسم). لا بأس مونا، لست أغضب
Mona: makasih ya mon udah jadi saudaraku yang sangat baik. aku janji akan selalu belajar menjadi orang yang baik..(berpelukan)
مونا: شكرا يا رونا، تكون اخت خيرا. وعدت مازال سأتعلم لأكون خيرا
Epilog:
Setelah kejadian itu, akhirnya mereka berdua tambah akrab. Papa mamapun senang melihatnya, dan teman2 sekolah mereka sangat iri ingin terlihat akrab sepertihalnya  rona dan mona.
 بعدها، كيلهما متقاربا أخيرا. أبي، أم، يفرح تنظر إليهما. و أصدقائها يرعون ليكونون  كمثلهما
 
                                                                    TAMAT





9 comments:

Designed By Zay Multimedia